Press Release
Home / Artikel / PRAMUKA UIN SUNAN KALIJAGA BERSAMA KEMENPORA (OPTIMALISASI KEPELOPORAN PRAMUKA PANDEGA PERGURUAN TINGGI DALAM PENCEGAHAN COVID-19)
Sambutan dari Kak Abdul Rafur, S.Ikom, M.Si selaku Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan/ Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

PRAMUKA UIN SUNAN KALIJAGA BERSAMA KEMENPORA (OPTIMALISASI KEPELOPORAN PRAMUKA PANDEGA PERGURUAN TINGGI DALAM PENCEGAHAN COVID-19)

Pramuka UIN Jogja menggelar kegiatan bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI) dalam rangka optimalisasi kepeloporan Pramuka Pandega Perguruan Tinggi dalam pencegahan Covid-19.

Bentuk dari kegiatan tersebut adalah sanggar belajar bersama yang telah dilaksanakan sejak hari Senin, 12 Oktober 2020 di Masjid Al-Maun Ambarukmo, Caturtunggal, Depok, Sleman dan di Masjid Al-Ikhlas Mrican, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta; Pembekalan optimalisasi kepeloporan Pramuka Pandega Perguruan Tinggi dalam pencegahan covid-19 yang telah dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Oktober 2020 di Ruang Rapat PAU Lt. 2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan melalui zoom meeting; serta aksi Pramuka Pandega peduli waspada Covid-19 yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 2020.

Sanggar Belajar Bersama

Dampak wabah virus Corona (Covid-19) tidak hanya merugikan sisi kesehatan dan perekonomian negara-negara di seluruh dunia. Sektor Pendidikan, menjadi salah satu yang terdampak adanya pandemic corona saat ini, tak terkecuali Indonesia.

Sanggar Belajar Bersama merupakan wadah yang yang disediakan Pramuka UIN Jogja kepada adik-adik yang tengah menempuh pendidikan jenjang SD-SMA secara online dari rumah. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan menjaga semangat belajar dari rumah.

Pembekalan optimalisasi kepeloporan Pramuka Pandega Perguruan Tinggi dalam pencegahan covid-19 , dihadiri oleh Kak Prof. DR. Phil. Al Makin, S. Ag., M.A. selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; Kak Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; Kak Abdul Rafur, S.Ikom, M.Si selaku Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan/ Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia; Pembina Racana Sunan Kalijaga Kak Khoirul Anwar, M.A, M.D; Pembina Racana Nyi Ageng Serang Kak Dra. Rahmi Tri Mei Maharani, M.M serta dihadiri oleh umum. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kak Drs. Sutarman, M.A. selaku Kasubag. Humas Dokumentasi dan Publikasi; Kak Fairuz Rahmi, S.Sos., M.Si. selaku Kasubag. Kerjasama; Kak Drs. Boy Fendria Djatnika, M.Si. selaku Kabag. Kemahasiswaan dan Alumni; Kak Drs. H. Abd. Syakur, S.Ag., M.Si. selaku Kepala Biro AUK; dan Kak Eti Rohaeti, S.IP., M.M. selaku Kasubag. Pengembangan Lembaga.

Pramuka memiliki tugas yang sangat komplek, sehingga menjadi anggota pramuka secara tidak langsung menjadikan anggotanya turut berkontribusi dalam hal-hal yang terjadi di kemasyarakatan. Pramuka tidak hanya permainan tepuk tangan ataupun kemah saja tetapi juga mendidik anggota pramuka dalam mencegah covid-19 sebagai langkah penanggulangan bersama.

Sambutan dari Kak Prof. DR. Phil. Al Makin, S. Ag., M.A. selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kamabigus Pramuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kak Prof. DR. Phil. Al Makin, S. Ag., M.A dalam sambutannya pada pembekalan optimalisasi kepeloporan Pramuka Pandega Perguruan Tinggi dalam pencegahan covid-19 , menegaskan bahwa Pramuka memiliki relevansi 2 pilar, yaitu karakter building dan olahraga. Pramuka tentu saja memiliki etika dan memupuk karakter yang baik di masyarakat. Sebagai kerjasama pertama UIN Sunan Kalijaga dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, diharapkan dapat menjadi gerbang kerjasama lainnya dalam memberikan wadah kepedulian terhadap pencegahan covid-19 maupun kerjasama dalam bentuk lainnya.

Sambutan dari Kak Abdul Rafur, S.Ikom, M.Si selaku Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan/ Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia  berharap bahwa Pramuka UIN Jogja dapat menjadi garda terdepan dalam peduli dan empati, harus meningkatkan ibadah, istighfar, taubat nasuha, dan sedekah dalam kehidupan sosial  terlebih dalam mencerahkan kepada masyarakat, seperti memberi ruang serta mendisiplinkan masyarakat. Oleh karena itu kegiatan Pramuka UIN Jogja ini menjadi yang terdepan selain karena pramuka yang peduli, juga karena Kampus yang mengedepankan disiplin dalam protokol spiritual. Dengan meningkatkan imun dan kualitas diri, berdo’a dengan sungguh-sungguh agar Allah menghilangkan penyakit covid-19 ini.

Sambutan dari Kak Abdul Rafur, S.Ikom, M.Si selaku Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan

Inti yang dapat diambil dalam optimalisasi kepeloporan pramuka pandega PT dalam langkah pencegahan covid-19, sebagai seorang pramuka harus tetap bergerak, bekerja, olahraga setiap saat, menjadi garda terdepan dalam memberikan penyadaran dan sebagai contoh dalam menaati protokol kesehatan dengan menerapkan kebiasaan baru dan tidak hanya peduli tetapi juga empati. Pramuka yang baik adalah pramuka yang berguna bagi masyarakat. Menyatukan visi, misi, serta membangun kegiatan di seluruh pramuka indonesia.

*Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat di instagram resmi Pramuka UIN Jogja