Press Release
Home / Artikel / UPGRADING PENGURUS RACANA SUNAN KALIJAGA DAN RACANA NYI AGENG SERANG MASA BAKTI 2020 (RACANA BERKARYA NYATA)
Materi Administrasi Keuangan
Materi Administrasi Keuangan

UPGRADING PENGURUS RACANA SUNAN KALIJAGA DAN RACANA NYI AGENG SERANG MASA BAKTI 2020 (RACANA BERKARYA NYATA)

Materi Administrasi Keuangan
Materi Administrasi Keuangan

Upgrading pengurus merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh demisioner pengurus Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang kepada pengurus baru dalam rangka meningkatkan kualitas kepengurusan masa bakti 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 14-16 Februari 2020 di Balai RK Sapen ini, diharapkan dapat memberikan ilmu kepengurusan sebagai bekal kepada pengurus baru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya pada masa bakti  2020. Kepengurusan masa bakti ini dipimpin oleh Kak Trei Ilham Supawi, D selaku Ketua Dewan Racana Sunan Kalijaga  dan Kak Nindi Tresnani, D selaku Ketua Dewan Racana Nyi Ageng Serang.

Hari pertama upgrading dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan materi pembuka yang di sampaikan oleh Kak Urip Meilina Kurniawati, S. Pd., D selaku demisioner Ketua Dewan Racana dengan materi Administrasi Kesekertariatan dan dilanjutkan materi Keracanaan yang disampaikan oleh Kak Rasyid Saleh Abdi, S. Pd.

Dilanjutkan di hari kedua, yaitu pada tanggal 15 Februari 2020 upgrading pengurus masa bakti 2020 dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diberikan 4 materi dari pembicara yang berbeda. Yaitu, dimulai dengan materi Administrasi Keuangan oleh Kak Apriani Dwi Astuti, S. Sos., D; dilanjutkan materi leadership oleh Kak Deddy Gunawan, S.Kom; Problem Solving oleh Kak M. Mahmudin Hasan, S. Ag; dan ditutup dengan materi Achievement Motivation Training oleh Kak Khoirul Anwar, M.A., MD. Dimana pemateri merupakan alumni dari Pramuka UIN Sunan Kalijaga.

Sesuai dengan hasil musyawarah, kabinet pengurus masa bakti 2020 sepakat untuk diberi nama “Kabinet Racana Berkarya” berdasarkan usulan dari Kak Lukman Arisandi, CD. Sesuai dengan namanya, diharapkan kepengurusan 2020 ini dapat menjadi wadah bagi anggota Racana Sunan Kalijjaga dan Racana Nyi Ageng Serang dalam mengekspresikan karya-karyanya sekaligus sebagai realisasi dari Tri Bina Gerakan Pramuka yaitu; Bina Diri, Bina Satuan, dan Bina Masyarakat.

Dinamika Kelompok – Hari Ketiga

Kegiatan upgrading ini kemudian ditutup dengan Dinamika Kelompok yang dipandu oleh Tim Instruktur Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga merupakan wadah untuk saling mengenal antara pengurus dengan pengurus lainnya dan juga membentuk solidaritas, loyalitas serta kekompakan dalam mengemban amanah.

“Jika kita gagal pada suatu hal, bukan berarti hilang semua peluang, mungkin saja Tuhan sedang mempersiapkan peluang lain di depan yang lebih besar.” Ujar Kak Khoirul Anwar, M.A., MD sebagai kalimat penutup materi Achievement Motivation Training  dalam kegiatan upgrading pengurus masa bakti 2020.

Untuk menjadi seorang pemimpin tentu perlu adanya personal branding, yaitu bagaimana seseorang tersebut dipandang oleh orang lain, caranya dengan menemukan image, misi, nilai diri (value), dan visi. Meskipun dikatakan sebagai seorang pemimpin, tetap saja tidak relevan jika memandang masalah secara subjektif karena seseorang akan lebih terpengaruh pada kondisi emosional orang itu sendiri, dan hal itu akan sangat mempengaruhi permasalahan yang ada. Jadi, sudah seharusnya bijak dalam menyelesaikan setiap permasalahan. NAS19-HM2020