Press Release
Home / Artikel / Membawa Nama Pramuka UIN Sunan Kalijaga, Kak Nanda Meraih Juara 1 Lomba Essay Nasional di UIN Walisongo Semarang

Membawa Nama Pramuka UIN Sunan Kalijaga, Kak Nanda Meraih Juara 1 Lomba Essay Nasional di UIN Walisongo Semarang

(17//07/2019) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka UIN Walisongo mengadakan kompetisi esai nasional tahun 2019. Kegiatan ini merupakan acara rutin dan masuk dalam rangkaian kegiatan lomba Rektor CUP ke 10 atau Lomba Pramuka Penegak Pandega Racana Walisongo (LOGARAWA).

Tema dari kompetisi Esai Nasional ini adalah “Peran Pramuka Di Era Milenial Menuju Insan Yang Bertaqwa”. Lomba ini ditujukan kepada anggota Pramuka Penegak, Pandega dan Mahasiswa Umum dari seluruh Indonesia. Kompetisi Ini merupakan ajang bagi para anggota gerakan Pramuka dan mahasiwa umum untuk menyalurkan pemikirannya dalam bentuk inovasi, gagasan yang kekinian, edukatif dan konsep ilmiah demi kemajuan Gerakan Pramuka yang lebih baik di masa mendatang, terutama dalam menghadapi persaingan global. Selain itu, kegiatan ini merupakan media penyambung jaringan silaturrahmi antar Pramuka Penegak, Pandega dan mahasiswa seluruh Indonesia.

Kompetisi ini diikuti oleh 38 Peserta dari berbagai tingkatan Penegak, Pandega maupun Mahasiswa Umum. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi administrasi dan penilaian juri, ditetapkanlah 6 finalis untuk mempresentasikan esainya di depan peserta dan dewan juri pada tanggal 11 Juli 2019 di Auditorium UIN Walisongo. Di antara 6 finalis tersebut, terdiri dari 2 orang utusan Universiras Airlangga, 1 orang utusan Universitas Diponegoro, 1 orang utusan IAIN Kudus, 1 orang utusan Universitas Untidar, dan 1 lagi yaitu Kak Nanda Ahmad Basuki utusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan selaku anggota UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga

Setelah melewati tahap seleksi admistrasi dan presentasi, Kak Nanda berhasil memperoleh gelar juara 1, disusul oleh utusan Universitas Diponegoro dan Universitas Airlangga. Esai yang dilombakan Kak Nanda berjudul “Meningkatkan Self Management Penggunaan Smartphone pada Pramuka Milenial menggunakan Metode Urban Scouting”.

Secara umum esai ini berisikan tentang penerapan metode Urban Scouting untuk menanggulangi penggunaan smartphone pada remaja, khususnya Pramuka milenial. Ia menuturkan bahwa esai ini ditulis karena kekhawatiran akan maraknya penggunakan smartphone yang dapat mengancam waktu produktifitas remaja. (RO)

2 comments

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. Теперь буду знать

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *