Press Release
Home / Galeri / KAK IRUL: “HIDUP TAK UBAHNYA SEPERTI RAFTING”
Foto bersama Peserta Suka-Nas Rafting Days sebelum bermain arung jeram di Sungai Elo, Magelang

KAK IRUL: “HIDUP TAK UBAHNYA SEPERTI RAFTING”

Magelang (03/02/2019) Pramuka UIN Jogja melaksanakan kegiatan Suka-Nas Rafting Days bertempat di Kawasan Wisata Sungai Elo, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti 91 orang peserta dari kakak-kakak Pramuka UIN Jogja. Termasuk di dalamnya kakak-kakak ada kakak-kakak alumni Pramuka UIN Jogja. Hadir dalam kegiatan ini Kak Khoirul Anwar, M.A, MD selaku Pembina Racana Sunan Kalijaga. Kegiatan sendiri dilaksanakan dalam bentuk bermain arum jeram menyusuri Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah.

Foto bersama Peserta Suka-Nas Rafting Days sebelum bermain arung jeram di Sungai Elo, Magelang
Suasana seru arung jeram yang diikuti kakak-kakak Peserta Suka-Nas Rafting Days
Suasana seru arung jeram yang diikuti kakak-kakak Peserta Suka-Nas Rafting Days

Dalam sambutannya setelah selesai pembagian doorprize, Kak Irul menyampaikan apresiasi kepada kakak-kakak alumni yang telah meluangkan waktu untuk berpartisipasi. Beliau juga menyampaikan bahwa melalui acara Suka-Nas Rafting Days ini kita memaknai kehidupan. “Hidup ini tak ubahnya seperti rafting, kadang kita melewati arus yang tenang dan tidak jarang kita melalui arus yang deras, menabrak tebing, jalan lurus dan jalan berbelok” ungkap Kak Irul. Selain itu beliau juga menambahkan bahwa jika jalur arum jeram ini hanya lurus-lurus tentu itu akan membosankan. “Dengan bermain arung jeram ini kita menjadi memahami bahwa kita tidak bisa melawan arus kehidupan, tetapi kita bisa mengendalikan kapal yang kita naiki sebagaimana kita mengendalikan kehidupan kita sesuai pepatah bahwa kita tidak akan bisa melawan arah hembusan angin, tetapi kita bisa mengendalikan layar kapal” ungkap Kak Irul sambil ternsenyum di hadapan peserta.

Sambutan Kak Khoirul Anwar, M.A, MD selaku Pembina Racana Sunan Kalijaga

Selain Kak Irul, sambutan lain juga disampaikan oleh Kak Dedi Gunawan, S. Kom yang mewakili kakak-kakak alumni Pramuka UIN Jogja. Dalam sambutanya Kak Dedi mengucpakan terima kasih kepada kakak-kakak panitia yang telah ikut serta mengajak alumni untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kak Dedi juga memperknalkan beberapa kakak-kakak alumni yang hadir kepada kakak-kakak anggota Pramuka UIN Jogja. “Nah kalo ini Kak Hasan, pasti kalian sudah pasti sudah tahu dengan kakak satu ini” ungkap Kak Dedi saat mengenalkan Kak Hasan.

Sambutan Kak Dedi Gunawan, S. Kom selaku perwakilan Alumni Pramuka UIN Jogja

Kegiatan sendiri dimulai pukul 06.30 WIB, peserta melaksanakan registrasi ulang sekaligus mengambil fasilitas kegiatan seperti kaos, sticker, pin, dan snack. Kemudian sekitar pukul 07.30 WIB ke-91 peserta berangkat menggunakan dua bus dari parkiran Student Center UIN Sunan Kalijaga menuju ke Magelang. Setelah  menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam rombongan peserta sampai di Kawasan Wisata Sungai Elo di Magelang. Setelah itu seluruh peserta di arahkan ke dekat sungai Elo untuk persiapan arung jeram. Sebelum penerjunan ke sungai sendiri peserta mendapat beberapa arahan dari guide sehingga selama peserta dapat mengetahui teknik-teknik dasar dalam arung jeram. Tidak lupa peserta diwajibkan mengenakan perangkat keselamatan seperti helm dan pelampung

Penjelasan Instruktur sebelum kakak-kakak peserta rafting di Kawasan Wisata Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah.

 

Ke-91 peserta kemudian dibagi ke 16 boat yang masing-masing boat terdiri atas 6 orang peserta  dan 1 guide. Sekitar pukul 09.30 peserta mulai menjelajahi sungai elo menggunakan boat arung jeram. Peserta nampak asyik mengikuti jalannya arung jeram. Bermain air serta saling menjatuhkan peserta lainnya menjadikan suasana semakin seru. Di tengah perjalanan, peserta Suka-Nas Rafting Days berhenti di rest area untuk menikmati suasana kelapa muda  dan beberapa snack kecil.

Suasana Kakak-kakak peserta Suka-Nas Rafting Days di rest area
Foto bersama beberapa Kakak-kakak Racana Sunan Kalijaga sesaat setelah selesai arung jeram di Sungai Elo

Peserta pun selesai menikmati serunya rafting sekitar pukul 12.00 WIB untuk kemudian diarahkan ke Restoran “Warung Limasan” Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah untuk makan siang. Setelah selesai makan siang acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kak Khoirul Anwar, M.A, MD dan Kak Dedi Gunawan, S. Kom selaku perwakilan dari alumni. Suasana semakin seru ketika acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama. Sekitar pukul 15.30 WIB seluruh peserta pulang ke Yogyakarta.

Foto bersama Seluruh Peserta Suka-Nas Rafting Days bersama dengan Kak Khoirul Anwar, M.A, MD

Bagi kakak-kakak yang hendak mengunduh foto-foto Kegiatan Suka-Nas Rafting Days dapat diunduh di link http://bit.ly/2DRJMEp

One comment

  1. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *