Press Release
Home / KORPS PROTOKOL

KORPS PROTOKOL

 

Gerakan Pramuka sebagai gerakan pendidikan yang bertujuan membina dan mendidik anak-anak dan generasi muda Indonesia agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur, bermoral dan bertaqwa kepada Allah SWT, tinggi kecerdasan dan ketrampilan, serta kuat dan sehat jasmaninya.

Gerakan Pramuka juga bertujuan membentuk peserta didik agar dapat menjadi warga Negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menjadi anggota masyarakat yang baik, mampu mengembangkan dirinya dan berguna bagi agama, nusa, dan bangsa.

Pandega merupakan peserta didik yang dituntut untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuannya sehingga keberhasilan proses pembinaan dan pengembangan terhadap Pramuka Pandega menjadi tolak ukur keberhasilan tujuan Gerakan Pramuka secara umum. Dengan kedudukannya tersebut, Pramuka Pandega diharapkan menjadi kader pemimpin yang baik bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Di lain pihak Pramuka Pandega diharapkan mampu pula menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk mengelola kiprah Gerakan Pramuka.

Oleh karena itu, perlu adanya suatu wadah pendidikan, pembinaan dan pengembangan yang dapat menampung anggota Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang yang memenuhi syarat sebagai Protokoler. Untuk mencapai sasaran tersebut, perlu dicapai dengan bentuk dan format kegiatan yang sesuai dengan aspirasi, minat dan kebutuhan Pramuka Pandega yang dikemas secara tertib, teratur dan berkesinambungan.

 

Korps Protokol adalah wadah pembinaan Protokol Pramuka yang dibentuk oleh Pembina atas usulan Dewan Racana dan berkedudukan sebagai lembaga non struktural dibawah koordinasi Ketua Dewan Racana. Korps Protokol sebagai wadah pembinaan, pengembangan dan pendalaman keterampilan keprotokolan serta keterampilan khusus bagi Anggota Racana yang telah dilantik menjadi Protokol Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang yang berpangkalan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.