Press Release
Home / Artikel / Pelantikan Pengurus Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang Masa Bakti 2021

Pelantikan Pengurus Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang Masa Bakti 2021

Pelantikan Pengurus Masa Bakti 2021
Pelantikan Pengurus secara Offline

Yogyakarta, (17/02/2021) Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang mengadakan Pelantikan Pengurus Masa Bakti 2021 bertempat di Gedung KHA Wahab Hasbullah lt 3. Pada kesempatan kali ini, Kak Khoirul Anwar, MA dan Kak Dra. Rahmi Tri Mei Maharani, MM melantik 10 pengurus Racana Sunan Kalijaga dan 19 pengurus Racana Nyi Ageng Serang.

Selain diadakan secara offline, pelantikan pengurus juga diadakan secara online melalui Zoom Meeting. Pengurus yang dilantik secara offline 10 orang, sedangkan 19 pengurus lainnya mengikuti prosesi pelantikan secara online. Hal ini dilakukan guna mengatasi angka penyebaran Covid-19.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kak Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si selaku Ketua Harian Majelis Pembimbing Gugusdepan, Alumni Racana Sunan Kalijaga dan Nyi Ageng Serang, Dewan Kerja Ranting (DKR) Depok, Dewan Kerja Cabang (DKC) Sleman, Dewan Kerja Daerah (DKD) DIY serta Racana dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta seperti Pramuka UAD, UMY dan IST AKPRIND Yogyakarta.

Pelantikan pengurus Masa Bakti 2021 secara Online melalui Zoom Meeting
Pelantikan Pengurus secara Online melalui Zoom Meeting

Kegiatan ini secara resmi melantik Kak Ikhsan Nasuha, D sebagai Ketua Dewan Racana Sunan Kalijaga dan Kak Meida Nugraha Wisty, D sebagai Ketua Dewan Racana Nyi Ageng Serang. Menggantikan Kak Trei Ilham Supawi, D dan Kak Nindi Tresnani, D dalam menjalankan roda organisasi. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Pembina Gugusdepan Sleman 18.009 dan 18.010 Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberhentian Pengurus Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang Masa Bakti 2020 dan Pengangkatan Pengurus Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang Masa Bakti 2021.

Ada dua poin penting yang disampaikan Kak Abdur Rozaki dalam krisisnya. Yang pertama adalah mengajak anggota UKM Pramuka agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Sembari menunggu proses vaksinasi, diharapkan kita tetap memiliki pikiran yang positif.

Poin kedua adalah pesan dan harapan beliau untuk UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga. Diantaranya adalah perumusan kegiatan 1 tahun mendatang yang bermanfaat bagi anggota UIN Sunan Kalijaga dan Masyarakat sekitar. Selain itu diharapkan juga UKM Pramuka dapat menjadi pemimpin dalam memberi teladan bagi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang lain, bahwasannya dalam suasana Covid-19 tetap memiliki semangat dan memberi manfaat untuk orang lain.

Kegiatan Pelantikan ini merupakan awal dari perjalanan Kak Ikhsan dan Kak Meida menjadi nahkoda sebuah kapal besar bernama Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang. Dengan seluruh kru di dalamnya, semoga Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang dapat mencapai tujuan dan manfaat dalam lintasan yang dilaluinya. (NAS-0911)

* Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat di Instagram resmi Pramuka UIN Jogja