Press Release
Home / Release / PEMBUKAAN KEGIATAN KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR (KMD) TAHUN 2017

PEMBUKAAN KEGIATAN KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR (KMD) TAHUN 2017

Rabu, 18 Januari 2017 UKM Pramuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bekerjasama dengan program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dilaksanakan di Teatrikal Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

“Selamat kepada para peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), mudah-mudahan dari semua peserta ini dapat menjadi calon pemimpin dimasa mendatang. Pemuda sekarang adalah pemimpin di masa mendatang. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini peserta menjadi pribadi yang berkarakter, berakhlak terpuji, mandiri, semangat bekerja keras dan disiplin. Mudah-mudahan kalian menjadi insan-insan yang berguna bagi masyarakat dan bangsa. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lainnya. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.” Ujar Kakak Drs. Nur Hidayat, M.Ag, selaku Sekretaris Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kegiatan KMD ini diikuti oleh 112 calon pembina dari mahasiswa dan guru yang terdiri dari 23 putra dan 89 putri. Kegiatan ini akan berlangsung selama 7 hari, dimulai dari tanggal 18 Januari sampai 24 Januari 2017. Acara ini dibuka dengan resmi oleh Waka Binawasa dari Pusat Pendidikan dan Latihan Kwarcab Kota Yogyakarta yaitu Kakak Prayogo Ontowiryo, SE., MG., Ditandai dengan penyerahan tunggul latihan kepada pelatih.

Dalam sambutannya kakak Prayogo Ontowiryo, SE., MG., menyampaikan “Sebagai seorang calon guru pasti akan berhadapan dengan anak-anak, pendidikan karakter bagi anak-anak saat ini sangatlah penting.  Pembinaan karakter dimulai sejak anak usia Siaga. Ibarat membuat rumah, pondasi itu harus kuat dahulu. Inilah yang nanti akan kakak-kakak dapatkan dalam kursus ini. Materi yang diberikan bukan hanya materi dalam ruangan akan tetapi juga luar ruangan (lapangan). Materi lapangan ini adalah pembinaan karakter yang langsung praktek. Semoga peserta KMD bisa mengikuti kursus ini hingga akhir dan lulus semua.”

 

Adat Buka Kegiatan
Pemangku Adat SUKA-NAS sedang melaksanakan Adat Buka Kegiatan
Penyematan Tanda Peserta oleh Sekretaris Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
tamu undangan dan peserta KMD
Penyerahan Tunggul Kegiatan KMD sekaligus pembukaan KMD 2017
Tamu undangan dan peserta sedang mendengarkan sambutan-sambutan

Leave a Reply