Press Release
Home / Release / Pengembaraan Laksana Sebagai Wahana Pembentukan Mental dan Karakter Pramuka Penegak

Pengembaraan Laksana Sebagai Wahana Pembentukan Mental dan Karakter Pramuka Penegak

img-20161116-wa0032Orientasi kegiatan Pramuka golongan Pandega tentu tidak lepas dari konsep tri bina gerakan pramuka yang terdiri dari bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat. Ketiganya senantiasa dilakukan sejalan tanpa merubah tujuan. Salah satu contohnya telah diimplementasikan juga oleh Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang yaitu bina satuan. Seperti yang dilakukan oleh anggota racana diantaranya Kak Muhammad Danuwiyoto, Kak Zulkahfi, Kak Rasyid Saleh Abdi, dan Kak Muhammad Mahmudin Hasan.

Keempatnya baru saja membantu proses Pengembaraan bagi Kakak Laksana di sekolah binaannya, yaitu MAN Pakem Sleman Yogyakarta, Pengembaraan merupakan salah satu proses penempuhan Laksana. Pengembaraan tersebut dilakukan dari MAN Pakem sampai ke Babarsari yang dilakaanakan pada tanggal 12-13 November 2016. Selama perjalanan mereka dibekali dengan pelajaran bermakna agar mampu meraih esensi dari pengembaraan tersebut. Tidak hanya melatih fisik, namun pengembaraan juga dilakukan untuk melatih mental, jiwa sosial, kesetiakawanan, kepekaan sosial, serta jiwa kewirausahaan.

Menurut Kak Muhammad Mahmudin Hasan, “Kegiatan pengembaraan diikuti oleh 5 peserta, namun yang dilantik hanya 4 peserta dikarenakan salah satu dari mereka sedang berhalangan.” Ujarnya.

Tentu dalam pengembaraan tersebut, mereka dibekali dengan barang yang dapat dijual kembali oleh mereka. Tujuannya adalah agar mereka dapat bertahan hidup dengan bekal seadanya, yang mampu mencukupi kebutuhan mereka selama melaksanakan pengembaraan.

“Tiap satu orang dari mereka dibekali 8 butir telur asin dan harus terjualkan. Dari telur asin yang terjual, merek dapat membeli makanan dan minuman sesuai dengan kebutuhan mereka.” Tambah Kak Muhammad Danuwiyoto.

Leave a Reply