Press Release
Home / Artikel / LAHIRNYA TIM ELITE PRAMUKA UIN JOGJA

LAHIRNYA TIM ELITE PRAMUKA UIN JOGJA

Minggu 28 Januari 2018 bertempat di Gunung Ireng, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul, dilaksanakan Pelantikan Korps Instruktur Angkatan XIV. Dalam suasana pagi yang khidmat sebelas instruktur muda yang terdiri atas empat instruktur putera dan tujuh instruktur puteri dilantik oleh Pembina Racana Sunan Kalijaga, Kak Khoirul Anwar, M.A, MD. Adapun mereka yang terlantik adalah sebagai berikut:

  • Instruktur Bidang Ilmu Medan Peta dan Kompas
  1. Ayunurita Safitri, S. IP., DG.
  2. Endah Zahrani, D
  3. Fifi Aris Wulandari, D
  • Instruktur Bidang Pertolongan Pertama Gawat Darurat
  1. Fuad Abdul Azis, CD
  2. Ahmad Surrohman, CD
  • Instruktur Bidang Mountenering
  1. Noviana Hesti, D
  2. Isni’ul Inna zahroh, D
  3. Sofyan Alvin, CD
  • Instruktur Bidang Komunikasi Lapangan
  1. Achmad Mukhlasin, D
  2. Ulfa Rahmani, D
  3. Silvia Rahmawati, D

Kak Khoirul Anwar dalam sambutannya mengungkapkan bahwa  “Kalau di TNI ada KOPASUS (Komando Pasukan Khusus), maka di Racana kita ada Korps Instruktur atau Tim Elitnya Racana” Beliau menambahkan bahwa “dengan menjadi Instruktur kakak-kakak akan menambah wawasan untuk meningkatkan kualitas diri dan penyaluran bakat”.

Proses pelantikan ini dilakukan selama dua hari satu malam yakni pada Sabtu-Minggu, 27-28 Januari 2018). Proses pelantikan ini awalnya, peserta ditempatkan di beberapa titik di wilayah kota Yogyakarta pukul 13.00 WIB, kemudian diminta untuk berkumpul maksimal pada pukul 21.00 di gunung Ireng. Kemudian proses pelantikan ini peserta diminta untuk survival selama perjalanan hingga menuju titik akhir berkumpul. Pelantikan Instruktur tentunya tingkat kesulitannya lebih tinggi dan prosesnya juga panjang, karena yang akan menjadi seorang Instruktur tentunya memiliki kecakapan dalam diri yang lebih tinggi juga, sebagaimana dapat dikatakan sebagai seorang Instruktur. Harapannya dengan bertambahnya jumlah anggota Korps Instruktur Pramuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mampu meningkatkan kualitas pengelolaan kegiatan yang ada di Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang menjadi lebih baik.

Oleh : Latifah Nurul Hidayati, D

Leave a Reply